Apakah Kita Benar-Benar Menginginkan Anjing Cerdas?

Semua orang hendak tahu yang adalahjenis anjing yang sangat pintar. Tetapi apakah kita benar-benar mengharapkan anjing yang pintar? Dan anjing mana yang dirasakan “pintar” atau “bodoh”?

Saya sama kagumnya dengan anjing super-cerdas laksana Chaser, seorang collie perbatasan yang tahu lebih dari 1000 kata. Mengesankan, ya, tetapi andai saya hendak bercakap-cakap, suami saya tahu paling tidak sejumlah itu. Kami, seperti tidak sedikit pemilik, menyukai anjing kami guna talenta mereka yang lain: perlindungan, keterampilan atletik, meringkuk, dan pertolongan komedi, untuk sejumlah nama. Terang tidak tidak jarang kali terbaik. Anjing kami yang sangat pintar, Louis, sekitar ini adalahmasalah yang sangat besar, dan anjing sangat redup, Poquito, yang tidak dapat menilik bagaimana naik ke sofa dari satu hari ke hari berikutnya, ialah yang sangat merepotkan.

Kami, seperti tidak sedikit pemilik, menyukai anjing kami guna talenta mereka yang lain: perlindungan, keterampilan atletik, meringkuk, dan pertolongan komedi, untuk sejumlah nama.

Bukan berarti Poquito, atau anjing lain, sebetulnya bodoh. Penelitian tentang kepintaran anjing sudah meledak selama sejumlah dekade terakhir, dan riset di semua dunia terus mempesona kita dengan apa yang benar-benar dapat dicerna anjing.

Louis, mesti saya akui, dipilih sebab ketampanannya. Kami mempunyai visi ketenaran Hollywood saat pelatihnya, Maggi McClure, kesatu kali mengunjungi. Dia mengatakan untuk kami bahwa dia mempunyai penampilan dan otak. Sayangnya, kepintaran dan energi Australia Aussie yang digabungkan dengan bagasi dari tahun kesatunya dalam kondisi yang kejam membuatnya tidak sedang di layar perak, namun di kamp pelatihan perilaku.

Anjing pintar mempunyai masalah mereka sendiri

McClure, pelatih bersertifikat dan konsultan perilaku, telah melatih anjing (dan pemilik) mengenai kepatuhan, ketangkasan, dan penggembalaan sekitar lebih dari 20 tahun. Baru-baru ini saya berkata dengannya mengenai anjing-anjing pandai di unsur atas setiap susunan intelijen dan apakah mereka benar-benar membuat fauna peliharaan yang lebih baik daripada benak biskuit rata-rata Anda.

“Border collie,” kata McClure, “mempunyai etos kerja, keperluan atletik, dan keterampilan untuk bermanfaat secara mental dengan teknik yang kompleks. Karena itu, mereka gampang distimulasi, dan kita usahakan meyakinkan bahwa simulasi cocok atau mereka akan membuat pekerjaan yang aneh. Orang-orang membina drive — terkadang dengan sengaja, terkadang tidak. Saya sebetulnya punya klien dengan BC yang menggigit. Jika mereka tidak melempar bola dengan lumayan cepat, anjing tersebut akan menyerang dengan frustrasi. Kaki berdarah, gigitan buruk. Itu ialah masalah nyata yang mereka ciptakan pada anjing dengan membangun kejangkitan bola. ”

Louis, dia mengamati, paling sensitif terhadap lingkungannya sampai-sampai dia kendala menyaring, yang bisa menjengkelkan baginya dan untuk kita. Sebuah mobil di jalan masuk membuatnya panik, suatu motor yang keras mengakibatkan kepanikan. Kami mencintainya sama laksana rekannya yang lebih lamban, dia melulu lebih berusaha.

Trah lain, bahkan yang tidak selalu dirasakan sebagai pisau sangat tajam di laci, masih dapat cukup belajar guna mendapat masalah.

Motivasi ialah faktor kunci, menurut keterangan dari McClure. Satu klien datang kepadanya pada akhir kepintaran atas retriever Labrador bermotivasi tinggi mereka. Anjing ini dapat masuk ke konter dan membuka kunci bayi guna mendapatkan apa yang diinginkannya. Laboratorium ini lumayan cerdas, atau lumayan termotivasi, untuk mengerjakan apa pun guna camilan lezat.

“Yang pintar dapat mendapat masalah andai mereka mengharapkan sesuatu,” kata McClure. “Mereka akan mengejar cara-cara kreatif guna mendapatkan sumber daya itu.”

Yang mana trah anjing yang ‘paling pintar’ dan ‘paling bodoh’?

Stanley Coren, (Profesor Emeritus Psikologi di University of British Columbia) secara harfiah menulis kitab tentang kepintaran anjing. Dalam “The Intelligence of Dogs,” Coren meregistrasi yang inilah di unsur atas kelas.

Untuk menjaga anjing pelacak, beagles dan lister terbawah lainnya

Lebih urgen untuk melihat ciri khas berkembang biak daripada mengandalkan tes saat memilih anjing, kata McClure. Sebagian besar tes menilai keterampilan melatih daripada kepintaran yang sebenarnya.

Beberapa anjing memiliki kepintaran visual, pendengaran yang luar biasa, atau keterampilan untuk menikmati gerakan. Anjing pelacak, yang hadir di unsur bawah susunan intelijen tradisional, mempunyai indera penciuman yang luar biasa.

“Kita perlu menyaksikan keseluruhan anjing dan tidak mendasarkan usulan intelijen anda pada protokol kepatuhan.” – Maggi McClure, Pelatih Anjing Bersertifikat

“Anjing pelacak berbakat dengan schnoz yang hebat dan memiliki keterampilan luar biasa untuk konsentrasi dan mematikan indranya yang lain sampai-sampai ia dapat mengerjakan pekerjaannya,” kata McClure. “Kita perlu menyaksikan keseluruhan anjing dan tidak mendasarkan ide-ide kepintaran kita pada protokol kepatuhan.

“Seekor beagle barangkali lebih susah (untuk dilatih) daripada collie perbatasan,” kata McClure. “Mengapa? Anjing beagle ialah “bawaan” guna berburu secara berdikari dan memakai suara mereka guna melacak eksistensi mereka. Untuk pemilik fauna peliharaan, ini lebih laksana melarikan diri daripada datang saat dipanggil. Jadi mengajar daya ingat bakal lebih susah daripada anjing yang berbeda. Tetapi mereka mengerjakan pekerjaan yang cerdas. ”
Teriakan untuk benak beagle ini ialah berita gembira untuk Bridget dan Mark Nowlin, yang menghadapi masalah pelatihan dengan beagle kesatu mereka, Buster, dan ekstra baru mereka, Watson.

Apa yang tidak dapat dilatih oleh fauna peliharaan mereka, kata mereka, lebih dari diciptakan untuk rasa manis.

“Watson suka mendaki ke pangkuanmu dan menggosok wajahmu,” kata Bridget. “Dia pada dasarnya memelukmu.”

Jika Anda mengharapkan seekor anjing yang dapat mengerjakan trik, pasti saja dapatkan pudel Einstein atau jenis herding. Jika Anda hendak anjing memuja kita dengan persyaratan mereka sendiri, anjing pemburu anjing beagle, mastiff, atau basset dapat jadi melulu tiket.

“Anjing yang dapat berinteraksi dengan orang lain ialah yang paling dapat dilatih dan dapat menjadi anggota family yang luar biasa,” kata McClure. “Jika mereka mempunyai sifat yang bisa ditawar-tawar dan kepribadian, mereka lebih ingin bekerja dengan baik dan mudah. Anjing-anjing yang tidak tercebur tetapi malas pun dapat membuat fauna peliharaan yang hebat, sebab motivasi mereka guna tidak mengerjakan apa-apa menarik untuk banyak orang. Aktivitas rendah, keterlibatan rendah sama dengan tidak bisa dilatih, tetapi gampang dijalani. ”

Motivasi guna tidak mengerjakan apa pun? Saya dapat hidup dengan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *